Kenapa ada team yang mereka bisa nyaman satu dengan yang lainnya dan meraih goals team mereka dengan (tampak) mudah ? Di sisi lain banyak team yang jungkir balik untuk mempertahankan orang-orangnya tetap berada di track dan tujuan yang sama ?

Boro-boro sampai ke titik performing, tenaga mereka habis bahkan untuk hanya sekedar forming dan terkuras di storming…kisruh mulu’ dan gak jalan-jalan..fiuhhh!

Kenapa ada organisasi bisnis yang terus berkembang signifikan, tampak “go over the flow”, dihampiri berbagai peluang dari mulai produsen, pembeli hingga pemodal ? Tapi di satu sisi ada organisasi bisnis yang Go with the flow aja setengah mati , sulit berkembang, susah bersaing, jauh dari sumber daya dan kemudian mereka hanya hidup sebagai mediocre di industrinya ??

Memang banyak faktor yang menyebabkan sebuah entitas bisnis menjadi sukses atau gagal ditengah jalan, namun faktor terbesarnya adalah “personality” dari pengusahanya (baca : dari pemimpinnya) .

Personality itu adalah kombinasi unik dari berbagai macam “belief” ( prinsip – prinsip yg mendalam ada didalam diri pemiliknya ) yang kemudian menentukan bagaimana ia bergerak, termotivasi, mengambil keputusan dan sangat mewarnai gaya dari manajemen & kepemimpinannya.

Pendek kata ” Siapa dia akan menentukan seperti apa dan bagaimana caranya menumbuhkan team/organisasinya”. Setidaknya itu pemahaman sederhana saya tentang isi buku keren yang berjudul Builts for Grow karya Chris Kuenne dan John Danner.

Mari kita lihat fakta di sekitar kita, Siapa pimpinan Anda di kantor Anda sangat mewarnai jalannya kantor Anda bukan ? CEO Anda, watak dan kepribadiannya sangat berpengaruh pada kemana arah perusahaan Anda saat ini, setuju ??

Dalam organisasi pemerintahan juga sama. Bisa jadi Walikota saya, walikota Anda sama sama keren, namun bagaimana cara mereka memimpin kota kita masing-masing sangat berbeda. Personality mereka tampakndalam bagaimana mereka membereskan satu persatu permasalahan kota kita, WHO shapes HOW…

Lantas dimana Kita, dimana Saya dan Anda ketika kita bukan leader tertinggi di organisasi kita ?? Apakah kita mewarnai bentuk organisasi kita ? Jelassss!

Setiap diantara kita mempengaruhi orang terdekat kita, mungkin belum di tataran highest level dalam perusahaan, mungkinnnnnn saat ini masih ada di tataran manajer menengah atau bawah, tapi jelas kita ikut membentuk perusahaan kita.

Stop complaining about Our Boss, about Our Organization’s lack, bisa jadi …sangat bisa jadi …kekurangan yang ada di hadapan kita adalah sarana kita untuk menunjukkan siapa kita dan bagaimana kita bisa melengkapi , memberi nilai tambah dan memperkaya value perusahaan kita.

John n Chris bilang dalam bukunya : “Pemimpin Anda punya tugas besar, Dia perlu mewujudkan ide menjadi produk yang nyata dan diterima pasar, ia dituntut mampu mengkolaborasikan berbagai talent hebat untuk kemudian memberikan dampak, Pemimpin Anda punya tugas untuk mengubah pembeli menjadi partner, menyelaraskan keuangan dan sumberdaya lainnya, dan terus menerus melipatgandakan pencapaian bisnis “.

Tugasnya sangat hebat, dan Tugas kita jg gak kalah hebat : Kita wajib merespon untuk membantunya , memprovide solusi yang ia butuhkan.

Selama kita sejalan dengan value perusahaan kita, taat terhadap aturan, hormat terhadap atasan namun sekaligus terbuka untuk masukan dan perubahan, maka kita punya potensi besar untuk ‘diizinkan’ mewarnai bahkan membentuk organisasi kita.