Patut kita renungkan

Mungkin Anda pernah mendapatkan masalah, yang Anda rasa masalah tersebut muncul bukan karena Anda, tapi karena orang lain.

Misalnya pernah menyalahkan dosen karena Anda tak kunjung lulus, menyalahkan rekan kerja karena ada kesalahan dalam pengerjaan projek, menyalahkan karyawan karena omset perusahaan turun dan lain sebagainya.

Jika Anda memang pernah merasakannya, coba mulai saat ini belajar untuk tidak menyalahkan keadaan dan tidak menyalahkan orang lain.

Anda harus percaya bahwa “100% kendali hidup Anda ada di tangan Anda”

Bukan tergantung pada kejadian, apalagi bergantung pada orang lain.

Apabila terus menyalahkan orang lain, maka Anda akan terus tenggelam dalam masalah tersebut.

Jika diibaratkan masalah itu adalah sebuh kolam, sebelum Anda berintrospeksi diri maka Anda akan terus tenggelam lebih dalam di kolam itu, lantas akan sulit untuk menemukan dasar kolam tempat Anda bertolak atau melompat kembali kedaratan.

Sebelum menyalahkan orang lain, mari kita lihat diri kita, apakah ada kesalahan yang kita lakukan? Sadari kekurangan yang kita miliki, kemudian terima dengan ikhlas, dan carilah cara untuk memperbaikinya, kesadaran diri ini layaknya sebuh dasar kolam yang bisa kita jadikan alat bertolak menuju daratan.

​​​​​​​